Fransisca Setyatun, S.Pd.

Sejak 1991 menjadi guru di SMP Fransiskus Tanjungkarang Bandarlampung. Setelah berkarya selama 32 tahun, terhitung 1 Februari 2023 memasuki purnabakti. P...

Selengkapnya
Navigasi Web

CATATAN ENAM PULUH

TANTANGAN HARI KE-60

# tantangangurusiana

14 Juli 2020

CATATAN ENAM PULUH

Oleh: Fransisca Setyatun

Banyak tokoh besar memberi warisan berharga bagi dunia. Tokoh yang hidup di masa lalu itu menjelma kembali. Hidup di masa sekarang dan yang akan datang melalui karya mereka yang spektakuler bahkan menggoncang dunia. Tulisan, pemikiran, sentuhan karya, dan penemuannya mampu merubah dunia. Siapa yang tidak terkagum pada Alexander Graham Bell, Thomas Alva Edison, Leonardo da Vinci, dan banyak tokoh lain yang juga saya kagumi. Mereka bekerja keras untuk pembuktian diri yang diakui para penerus generasi. Mereka meninggalkan Jejak prestasi.

Ada pesan yang menurut saya cukup unik, tapi menyisakan kekaguman akan pemikiran cerdasnya menyelamatkan bumi. Pohon peach dan walnut yang banyak tumbuh di Texas adalah jejak warisan gubernur Hogg ( James Stephen Hogg ). Dia tidak ingin ada bangunan nisan mewah di atas makamnya, tetapi cukup dengan penanda tanaman peach di kepala dan tanaman walnut di kakinya. Ketika beberapa tahun kemudian berbuah, bijinya disemaikan. Setelah tanaman cukup kuat kemudian dibagikan kepada masyarakat, para pemuka, tokoh agama, sekolah-sekolah untuk program penghijauan. Texas dalam waktu singkat menjadi hijau penuh pepohonan. Hogg adalah teladan dan pejuang untuk masa depan. Ciptaan Tuhan yang indah harus dijaga sebagai bentuk syukur kepada Sang Pemberi.

Belajar dari tokoh-tokoh di atas, rasanya tergelitik bertanya pada diri sendiri. Apa yang sudah saya lakukan, dan apa yang bisa saya berikan untuk anak cucu saya. Bukan hal spektakuler, bukan hal yang mengguncang dunia. Cukup hal-hal yang sederhana penuh makna. Banyak cara yang bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki. Kalau apa yang Apakah pertanyaan ini juga menjadi milik semua orang untuk menjadikan diri lebih berguna. Menoreh titik kecil jejak tulisan di gurusiana, akan lahirkan perubahan bagi dunia pendidikan. Bagaimana pendapat anda?

(fransisca, bandarlampung 14/07/2020)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bunda..informasinya bisa menjadi inspirasi

14 Jul
Balas

Terima kasih Bunda. Masih belajar kembangkan tulisan.

15 Jul

wow,,mantap..perubahan kecil dr gurusiana...gak perlu mewah..kelak juga akan berbunga

14 Jul
Balas

semoga bisa menyemai benih sesawi yang kecil dan memberi keindahan . Terima kasih Pak

15 Jul

Keren ibu cantik.. Sangat inspiratif dan informatif sekali ibu.. Terima kasih sudah mengingatkan dan memotivasi kita semua.. Sukses dan bahagia selalu buat ibu.. Salam santun

14 Jul
Balas

Amin Bunda Trisna. Salam santun

14 Jul

Mantap bu

14 Jul
Balas

terima kasih sudah kunjung. Salam literasi

14 Jul

Keren ceritanya bu

14 Jul
Balas

Terima ksh Bu. Tak terasa bisa menulis 60 hari

14 Jul

Setuju bun... moga sukses selalu

14 Jul
Balas

Amin. Salam sukses untuk Ibu juga. Terus berkarya

14 Jul

ooo

14 Jul
Balas

terima kasih Pak dapat o3..hahaha..

15 Jul

Nama para ahli ilmu pengetahuan Mantap Bu.

14 Jul
Balas

saya ngefans.. Terima kasih sudah kunjung

15 Jul



search

New Post